Skip to main content

BIG MOM MELEMAH?

KAGEBUNSHIN NO LUFFY

PEMBAHASAN CHAPTER 863 BY IOF / OMEGA MIMINWARAMON

Cermin di Dalam Kue Pernikahan

Selamat siang pembaca yang budiman! Apa kabar?? Luar biasa kan? Mantap coeg!

Ah, sekali lagi, chapter ini di buka dan di tutup dengan sangat bagus. Kejeniusan oda dalam meracik jalan cerita memang patut diacungi jari telunjuk, karena jempol terlalu mainstream.

Yang tidak di sangka2, luffy yang menyusun rencana dalam rencana yang disusun bege. Sungguh tumben dan bagus sekali. Memasang portal cermin di dalam kue pernikahan sementara brulle menciptakan kagebun... Clone luffy maksudnya, untuk mengecoh membuat siapapun tidak menyangka.

Mungkin maksudnya untuk membiaskan masa depan yang diintipin katakuri. Dan saya bisa bilang kalau itu berhasil. Sukses.

Ketika muncul muslihat seperti itu, musuh juga rasanya tidak mampu berbuat banyak. Bahkan apa yang sebetulnya luffy incar mereka tidak tahu. Semua tertuju pada mama, karena mereka mengira luffy mengincar mama. Tidak, bege yang mengincar mama. Luffy hanyalah pengalih perhatian senilai setengah milyar berry.

Tugas luffy cukup simple, dia hanya harus mengecoh mama, dan membuat foto mother carmel pecah. Nyatanya, luffy menyiapkan rencana cadangan kalau2 dia gagal. Brook adalah kartu di rencana dalam rencana dalam rencananya. Katakuri tidak bisa membacanya, kenapa? Karena itu kemungkinan salah satu dari kelemahan dan batasan kenbunshoku katakuri.

Dia hanya mampu melihat 1 objek saja.

Penglihatan Katakuri yang Samar

Pertanyaan besar, sejauh mana Katakuri mampu melihat? Dan sejelas apa? Lalu sampai mana batasan kekuatannya?

Untuk menjawabnya, mari kita mengulas 2 chapter terakhir.

Saat pertama kali dimunculkan, yakni Chapter 860, Katakuri diperlihatkan sebagai orang yang mampu membaca masa depan. Ada org yang dibunuh di depan pintu masuk pesta hanya karena dia melihat masa depan org itu yang akan membunuh Mama. Saat ini kita berfikir bahwa kekuatannya sungguh hebat.

Lantas pada chapter lalu, Puding dilihatnya terjatuh, namun dia tidak bisa melihat kenapa. Dia hanya mengetahui bahwa Pudding akan jatuh kelak, sekian menit dr skrg, tapi dia tidak tahu mengapa. Artinya, kekuatan Katakuri memiliki keterbatasan.

Hal yang sama terjadi ketika dia tidak bisa memprediksi Brook yang datang memecahkan foto, padahal dia tau Luffy yang akan memecahkan foto, tapi kenapa​ dja tidak tahu bahwa ada org lain yang akan mecahkan foto selain dr masa depan yang di lihat. Kalau dia bisa lihat masa depan, harusnya dia tahu bahwa foto itu akan pecah kelak, oleh seseorang, tapi dia kelolosan Brook. Kenapa?

Jawabannya ada dua, dan ini adalah keterbatasan Kenbunshoku Katakuri.

1. Dia tidak bisa melihat masa depan yang bias. Pudding yang jatuh menangis adalah masa depan yang mutlak, memang akan terjadi. Yg menjadi Masalah adalah dilema pudding. Pudding bingung krn Sanji org yang baik, dan jelas dia jatuh hati pada Sanji skrg krn sikap gentlenya. Tapi dia juga bagian dr BMP. Ini menjadikan masa depan yang akan Pudding lakukan menjadi bias, menjadi 2, membunuh Sanji atau mbiarkan Sanji. Bias ini yang tidak bisa di lihat katakuri. Semakin banyak kemungkinan masa depan, swmakin bias penglihatannya. Makanya bege membuat Rencana dalam rencana, dan membiarkan Luffy berbuat onar, krn itu tidak bisa di prediksi.

2. Katakuri tidak mampu melihat banyak objek penglihatannya sekaligus. Dia bisa membaca Luffy akan mecahkan foto karena "dia terfokus pada Luffy saat itu" dan tidak pada Brook. Makanya Brook tidak terbaca.

Apapun kelemahannya, Katakuri adalah org hebat, dan lawan yang cocok baginya adalah Sanji.

Rencana yang Tersusun Rapi

Sanji vs Katakuri? Jinbei vs Katakuri? The Whole Team vs Katakuri? Seluruh dunia vs Katakuri? Who care? Saya juga tidak berharap katakuri atau siapapun menang.

Kenapa?

Karena rencana yang disusun bukan itu kok.

Simpelnya, Luffy hanya mengalihkan BM, dan sementara BM meraung-raung sambil mengeluarkan Haoshokunya yang kejam itu (dan tentu saja para oposisi memakai sumbat telinga), Vito dan Gotti menembakan KX Launcher ke mama. Meledak, dan menyebarkan Fosfor Organik yang dosisnya di tingkatkan menjadi 5 miligram, cukup untuk membunuh 3 ekor gajah dewasa.

Setelah itu, mereka kabur menggunakan cermin yang di bawa Caesar Clown. Semua! Firetank, SHP, bahkan kemungkinan Vinsmoke Family. Semua meninggalkan tkp dan membuat kemarahan besar bagi Mama, khususnya Luffy.

Yang jadi pertanyaan, Katakuri tidak bisa dibiarkan gitu aja, dia telah dengan sengaja menembakan Jelly Bean (bukan android) ke Sanji, yang sedang menolong Puding. Puding sendiri nampaknya dilema antara Sanji dan Mama. Bayangkan saja, seumur hidup penuh hina, disebut cantik bermata tiga oleh si pangeran. Siapa yang gak mewek (bahaya typo) coba? Saya merasa, cepat atau lambat, Pudding setidaknya akan menyukai Sanji. Siapa yang tidak? Di balik sikap absurdnya di depan wanita, sanji mampu juga membuat wanita berbahagia, karena itu hasratnya. Khalifa saja tidak berani dipukulnya, sejahat apapun itu.

Peran katakuri di sini, seperti yang terlihat jelas dalam 2 ch terakhir, adalah seseorang yang memastikan semuanya berjalan sesuai rencana (krn kekuatan Kenbunshoku nya itu). Artinya juga, dia harus memastikan bahwa Puding melaksanakan tugasnya membunuh Sanji dan memilai signal pembantaian. Jika tidak, maka puding yang ikut andil dalam hukuman.

Yang jadi pertanyaan lagi, jika terjadi sesuatu pada puding, apa sanji akan diam saja?

Tentu tidak, maka rencana yang di buat akan berubah total.

Dan rencana berikutnya tidak akan ada yang tahu, krn ini adalah ciri spontanitas dan eksplosifitas SHP dalam menyelamatkan org2 yang mrk lindungi.

Katakuri tidak akan bisa membaca rencana yang di buat dadakan, bukan? Karena akan bias.

Maka, munculah Rencana Belahan Dada lagi.

Rencana Belahan Dada

Sejujurnya, semenjak adegan Puding yang ternyata jahat, semua terkagum dengan ramuan khas Oda. Sekarang, Puding menderita dilema. Sepanjang hidup penuh hinaan, luluh hatinya lewat sebuah perkataan indah sang pangeran.

Mata yang sungguh indah.

Terkejutlah Puding, dan hal itu membuat Katakuri cemas. Pasalnya, Katakuri yang di set sebagai supervisor pernikahan, yang tugasnya memantau semua berjalan sesuai rencana, gusar. Karena dia tidak bs melihat apa yang terjadi, dan menurut penuturannya sendiri, ini baru terjadi.

Masa depan yang dilihatnya bias. Makanya, dia bertekad melaksanakan peran Puding sendiri. Dia yang akan membunuh Sanji.

Sayangnya, Jelly Bean yang di lempar, meleset. Karena tentu saja, Kenbun Sanji juga tak kalah hebatnya. 2 tahun yang dihabiskan Sanji menghindari para banci membuat dia mampu membaca arah peluru. Peluru dibanding Banci Kamabaka? Nampaknya Sanji lebih memilih pelor (bahaya typo). Dan memang kenyataannya dia mampu membaca gerakan, krn itu fungsi Kenbun.

Akibatnya, Rencana yang disusun Bege nampaknya akan mengalami perubahan besar. Sanji ga bs meninggalkan Puding, yang akan menjemput hukuman di tangan BM krn gagal. Vinsmoke, dgn harga dirinya yang ningrat, juga ga bs tgl diam krn mereka di jebak oleh BMP. Luffy juga ga bs diam jk Sanji ga balik ke Sunny. Nami, Chopper, Jinbei dan Brook juga gak bs tinggal diam kalau kaptennya begitu. Pedro dan Carrot jg kaya terlanjur tercebur dalam masalah.

Maka, rencana kabur adl pilihan nomer sekian. Caesar akan meradang. Tentu saja. Jalan dia kabur ada di tangan Bege, dan Bege tidak bs melaksanakan rencananya jika Luffy merubah seenaknya.

KX Launcher tetap akan ditembakan. Membuat Mama lemah tentu akan membiat chance kemenangan menjadi lebih besar. Yang jadi problem ada di eksekutif BMP. Anak - anaknya yang sialan. Khususnya komandan manis yang tersisa, Smoothie dan Katakuri.

Katakuri, jelas sudah ketauan kekuatannya. Logia dengan power (ki)mochi (ki)mochi no mi membuatnya menjadi adonan mochi yang lengket. 11/12 sama papeda asal Papua.

Kelemahannya air, sama seperti kelemahan sebagian besar Logia, karena air adalah musuh DF.

Kenapa Mochi Logia? Apa kekuatan Smoothie?

Katakuri Girl Version | fanart © shahanamikagi

Kenapa Mochi Logia? Apa kekuatan Smoothie?

Pembahasan Logia: Mochi - Mochi no Mi

Sejak awal dimunculkan, yaitu Smoker dengan moku moku nya, dikisahkan bahwa Logia adalah elemen alam. Lalu bermunculan lah suna suna dan goro goro yg merupakan pasir dan petir. Sampai situ, munculah sebuah situasi yang membuat syarat logia adalah Unsur alam.

Tapi benarkah begitu?

Begini yg bisa mimin sampaikan.

Secara umum, kemampuan DF di bagi menjadi dua: Becoming (menjadi) dan Creating (menciptakan) suatu benda.

Jika hanya memiliki satu syarat saja, bisa kalian katakan itu adalah Paramecia. Kalau punya kedua sifat tadi, kalian bisa menganggapnya Logia. Lupakan unsur alam sejenak.

Contoh mudah, Luffy bisa MENJADI karet, tapi dia tidak bisa MENCIPTAKAN karet, maka Luffy adalah Paramecia.

Lagi? Magelan mampu MENCIPTAKAN racun, tapi dia tidak bisa MENJADI racun, jadi Magelan adalah Paramecia.

Kurang? Enel bisa MENJADI dan MENCIPTAKAN petir. Maka dia adalah Logia. Berlaku juga dengan Logia lain macam Ace, Crocodile, Sakazuki, Kuzan, Borsalino, Smoker, Kurohige dan masih banyak lain.

Logia bisa kalian katakan bahwa itu unsur alam, tapi jangan membuat itu sebagai Patokan. Kalian tinggal melihat kemampuannya apakah CREATING atau BECOMING atau keduanya.

Begitu juga dengan Mochi Mochi. Perkenalannya sudah Logia, jadi dipastikan dia MAMPU menjadi adonan Mochi, dan MENCIPTAKAN adonan Mochi yg lengket. Sejauh ini baru diperlihatkan kalau Katakuri hanya sampai BECOMING saja.

Smoothie?

Smoothie​? Sejauh ini dia cuma bisa MEMBUAT jus dengan perantara mahluk hidup. Apakah dia bisa menjadi jus? Jika iyaa, Smoothie adalah Logia aneh juga. Tapi menurut mimin Smoothie itu Paramecia.. Dan terakhir, Brook si Senandung yang sekarang berubah menjadi Brook si Tukang Onar.

Brook, Si Tukang Onar

Brook sekarang menjadi org paling dicari di WCI. Dia sudah mengacau 3x: Mencuri Gyotaku Poneglyph mama, Kabur dari Pelukan mama saat tidur (walau di bantu), dan paling anyar itu ngancurin foto Mother Carmel.

Se-onar itulah Brook sekarang. Tapi memang Chara Brook ini tidak membuat pengaruh yg berarti di SHP. Dia menempati posisi hanya sebagai Musisi di kapal (sejauh ini) dan ketika bertempur pun rasanya dia lebih banyak berjanda...bercanda dengan musuhnya, karena sifat Brook yg humoris.

Nampaknya, WCI adalah panggung Brook.

Pertanyaan, siapa yg cocok jadi lawan Brook?

Jika Smoothie bisa 'memeras' cairan keluar dari tubuh berdaging, apakah kekuatannya bisa 'memeras' mahluk yg hanya terdiri dari tulang berpakaian sopan?

Smoothie rasanya akan kwalahan melawan Brook.

Brook vs Mama ronde kedua? Siapa takut? Kali ini, mungkin dia membantu Luffy. Alunan musik Brook mampu membuat seseorang bersemangat. Dia mampu secara harfiah, mengendalikan emosi seseorang, melalui musik. Ketika 1 on 1 lawan Mama, dia tidak sempat mengambil alat musik bkn?

Rasanya, lawan siapa sajapun, Pertarungan menarik akan tersaji, 2-3 chapter lagi. Jadi, yuk menunggu?

Dan selesai sudah, alunan melodi kematian yang manis.

Berdesakan para penipu, dalam sempitnya kue pengantin sang Ratu.

Bergerombol mereka bagai hewan buas, mengaum mereka tanda kekuasaan di dunia yg luas.

Sang Bos Besar kini bergabung dalam anggota laskar kerusuhan. Tergeletak cawan sake dalam rusuh yang mendendam.

Para Peramal saling membantai, dalam panggung yang tertutup tirai.

Sang Senandung bangkit dan bersatu, memecahkan hal penting bagi sang Ratu.

Masa Depan bias, tak ada yang terlepas.

Salam,
Omega Miminwaramon.
Pemakan Gado Gado no Mi 
Manusia Sayuran segar dalam baluran saus kacang nikmat nan kental

Disunting ulang olah Reiju Vinsmoke.

#topijeramibandung

Comments

Popular posts from this blog

Faq Peta Dunia One Piece

FAQ Lokasi Peta Dunia One Piece Q : Gimana sih bentuk planet dunia OP? A : Planet di dunia OP adalah planet yang sama sekali berbeda dengan planet bumi yg kita tinggali ini. Secara garis besar planet OP terdiri dari 1 benua dan 1 lautan yang mengeliingii dunia yaitu : Red Line dan Grand Line. Posisi Red Line dan Grand Line saling tegak lurus sehingga bertemu di dua titik yaitu Reverse Mountain dan Mariejoa. Akibat petemuan 2 titik itu, lautan di planet OP terbagi lagi menjadi empat yaitu East Blue, South Blue, North Blue dan West Blue. Q : Jelasin tentang  Red Line  dong! A : Red line adalah sebuah benua raksasa yang mengelilingi dunia OP. Saking raksasanya, ukuran Red Line jauh melebihi pulau2 lain di planet OP. Sejauh ini ada 3 tempat yg sudah dikenal di Red Line yaitu Reverse Mountain, Mariejoa dan Merman Island. Reverse Mountain  Adalah sebuah gunung raksasa yang puncaknya tak terlihat saking tingginya. Di sini terdapat empat buah arus kanal

PENJELASAN GOMU GOMU NO RED HAWK YANG MENGELUARKAN API

Gomu Gomu no Red Hawk Gomu gomu no Red Hawk Red Hawk pertama kali diperlihatkan Luffy di manga ketika melawan Hody. Bisa dibilang merupakan versi penambahan haki dari jurus Gomu gomu no Jet Bullet. Ketika masuk dalam mode Gear Second, Luffy memanjangkan kemudian mengeraskan lengannya dengan buso haki. Ketika dikokang (lengan bergerak maju), lengannya terbakar, menghasilkan aliran api. Ketika serangan mengenai target, akan tercipta ledakan yang besar, walaupun di bawah laut sekalipun. Di dunia nyata, Redhawk merupakan jenis revolver yang dibuat oleh Ruger (perusahaan pembuat senjata api).  Kanji dalam penamaan jurus ini (dibaca harfiah menjadi "hikenjuu") bisa jadi merupakan tribute untuk mendiang Portgas D Ace. Gomu Gomu no Red Hawk Di animenya bahkan muncul bayangan Ace ketika Luffy menggunakannya pertama kali, haha. cmiiw Ya. Itu dia penjelasan mengenai mengapa gomu gomu no red hawk milik luffy yang bisa mengeluarkan api. xD Mant

Spoiler Manga One piece Ch.848

Judul: Selamat Tinggal / Good Bye Cover Bewarna: SHP dengan Mantel Merah di hutan bersalju Big Mom tidak marah dengan kata-kata Luffy. Dia bilang dia akan membiarkan apa pun karena dia akan mendapatkan kekuatan Germa dan kotak harta karun (Tamatebako) besok. Kamar Sanji Sanji terpincut dengan Purin. Di sisi lain, dia khawatir tentang Baratie. Kamar Purin Big Mom menolak gaun yg ingin dipakai Purin. Purin diberitahu untuk memakai gaun yg Big Mom siapkan. Purin berdiri di balkon dibawah hujan. Dia terbayang Lola, yang lari dari rumah dan mengatakan ia akan memutuskan pernikahannya sendiri. Istana Whole Cake Pedro terus mengamuk dengan pedang dan bomnya. Smoothy terus berkomunikasi dengan Tamago, yang mengejar Pedro. Brook masuk ke ruang harta dan menguncinya dari dalam. Tamago bicara kepada Smoothy melalui Den Den Mushi untuk tidak membunuh Brook karena Big Mom ingin makhluk langka seperti dia. Ruang Harta tentara catur menyerang Brook, tapi ia men