Skip to main content

ROCKS: APA ITU ROCKS? SEBUAH ORGANISASI? ATAU NAMA SESEORANG?

Rocks
Wow. Lagi-lagi chapter yang luar biasa. Banyak hal dan informasi penting yang muncul.
Ada banyak objek bahasan, entahlah sempat atau tidak nantinya 😁 .

Oke. Sebagai starter disini kami ingin menyinggung sesuatu yang baru diketahui, yaitu Rocks.
Mendengar kata Rocks, langsung teringat dengan salah satu Yeti Cool Brothers (YCB), tapi tentu saja hanya namanya yang hampir mirip (lebih tepatnya, "Rock" adalah nama salah satu YCB).

Dari suatu perbincangan antar petinggi angkatan laut di Red Port, tiba-tiba muncul nama "Rocks".
Dari perkataan Garp, Rocks masih ambigu, dengan kata lain bisa merupakan nama orang, nama kelompok, atau nama organisasi.

Julukan Garp sebagai "Hero of The Marines" (Pahlawan Angkatan Laut) pun muncul karena Rocks. Era Rocks berlangsung lebih dari 40 tahun yang lalu. Kemungkinan besar Garp dijuluki Pahlawan Angkatan Laut tersebut setelah sukses mengurusi insiden Rocks 👏 .

Keyword untuk Rocks adalah "Garp", "lebih dari 40 tahun yang lalu", "Kaido", dan "Big Mom". This is interesting.

Mari kita rangkai satu per satu.

Yang pertama adalah Monkey D Garp. Kakek Luffy ini memang sudah menakutkan sejak zaman dulu. Awalnya sebagian besar pembaca mengira julukan "Hero of The Marines" berkat peran Garp di era Roger. Ternyata jauh lebih lama dari itu.

FYI, pertarungannya dengan Chinjao saja berlangsung 30 tahun yang lalu.

Jika Garp dianggap sebagai "Hero of The Marines" setidaknya sejak 40 tahun yang lalu, berarti wajar kita anggap Rocks merupakan sesuatu yang berlawanan dari Angkatan Laut.

Kemungkinan besarnya tentu saja bajak laut atau organisasi non pirate yang merugikan warga sipil. Oke, ini poin yang pertama 👒 .

Yang kedua adalah timeline Rocks.
Dikatakan lebih dari 40 tahun yang lalu, berarti ini sebelum zaman Roger.


FYI, setidaknya Roger memasuki Grand Line sekitar 28 tahun yang lalu. Di saat itu dia menyadari bahwa dirinya terjangkit penyakit mematikan. Karena hal itulah Roger Pirates merekrut Crocus dan melanjutkan perjalanan.

Tiga tahun kemudian (25 tahun yang lalu) Roger mencapai Raftel dan membubarkan bajak lautnya. Setahun kemudian baru akhirnya Roger dieksekusi, yang menandakan dimulainya "Great Age of Pirates" (juga bisa dibilang eranya Shirohige). Lebih dari 40 tahun yang lalu? Oke, kita ambil pasnya saja agar mudah, yaitu 40 tahun.

40 tahun yang lalu berarti Garp dan Rayleigh berusia sekitar 38 tahun, Sengoku 39 tahun, Roger 37 tahun, Shirohige 34 tahun, Linlin 28 tahun, dan Brook 50 tahun. Sayang sekali kita belum mengetahui usia Kaido.

Kecuali Brook, usia mereka merupakan usia prime seseorang di dunia nyata. Tapi di dunia One Piece berbeda, justru banyak orang yang memasuki usia prime ketika mereka sudah menua. Contohnya Roger ketika menjadi Raja Bajak Laut, Sakazuki yang menjadi Fleet Admiral, dll. Well, hal ini sudah pola umum di manga shonen.

 Masih ingat pendapat Brook tentang Roger di Bar Shakky?
Brook menganggap Roger seorang rookie. Hal yang wajar karena Brook jauh lebih dulu menjadi bajak laut dibanding Roger.
FYI, Rumbar Pirates saja berakhir 49 tahun yang lalu.
Jadi, menurut dugaan kami, dalam waktu lebih dari 40 tahun yang lalu, para Yonkou (Big Mom & Kaido) tersebut kemungkinan besar belum menjadi bajak laut besar. Saat itu adalah era nya Rocks, seperti yang Garp katakan di chapter 907 ini.

Yang menarik adalah perkataan Rear Admiral Hina, "Meskipun mereka kehilangan kapten mereka, kekuatan mereka masih meningkat/tumbuh". Lanjut ke keyword berikutnya, Big Mom dan Kaido.

Kita tahu sekitar 63 tahun yang lalu, Linlin dan Streusen mulai membangun impian mereka. Inilah awal munculnya Big Mom Pirates. Di flashback Big Mom di chapter 868, hanya disinggung reputasi Big Mom yang terus menanjak. Sejak kecil dia sudah dihargai 50 juta. Wow! Kemudian ketika dia berusia muda (sekitar usia remaja atau awal dewasa), menanjak lagi menjadi 500 juta.

Baru di chapter 907 ini masa lalu Big Mom dikaitkan kembali dengan Kaido dan Rocks.

Menurut dugaan kami, perkataan Hina diatas mengacu kepada Big Mom dan Kaido, dimana pada rentang waku lebih dari 40 tahun yang lalu, keduanya sempat kehilangan sosok kapten. Akan tetapi, setelah itu reputasi keduanya terus meningkat, hingga menjadi Kaisar Lautan.

Rocks disini bisa berarti nama/julukan sang kapten tersebut atau nama organisasi.

Jika Rocks adalah nama/julukan sang kapten, maka Kaido dan Linlin dulunya pernah satu kapal. Ini hal yang menarik, karena Linlin bersedia menjadi bawahan seseorang. Jika kita mengacu kepada sifat Linlin, kemungkinannya kecil. Kecuali sang Kapten punya sesuatu yang bisa membuat Linlin tertarik (jangan lupa Linlin juga punya impiannya sendiri). 2. Jika Rocks adalah nama organisasi, berarti Kaido dan Big Mom tidak mesti dalam satu kapal, tapi setidaknya mereka berada dalam satu tujuan yang sama.

Jadi maksud kami, Rocks ini bagaikan nama aliansi / nama armada / nama organisasi kumpulan bajak laut.

Jika kita anggap armada, bayangkan SHP Grandfleet. Linlin dan Kaido bagaikan Barto dan Cavendish. Setara. Tapi mereka mengikuti sosok yang sama-sama dikagumi. Nah, sang kapten tersebut yang akhirnya menghilang menurut Hina (entah tewas atau hanya sekedar menghilang tanpa jejak). Menariknya, 40 tahun yang lalu Big Mom berusia 28 tahun.

Kita pernah menyaksikan gambar Linlin sedang cantik-cantiknya di usia tersebut (SBS vol 86).

Jika Rocks ini eksis lebih dari 40 tahun yang lalu, selain Big Mom dan Kaido, mungkin Roger, Rayleigh, Chinjao, Shirohige, dan Shiki pernah minimal mengetahui hal itu. Sayangnya, dari beberapa tokoh tersebut, belum pernah menyinggung mengenai apa itu Rocks. Wajar, karena ini merupakan info baru di manga.

Tapi ada seorang karakter yang kita ketahui dahulu sekali pernah menjadi bajak laut.
Yaitu Shakky alias Shakuyaku. Diketahui 42 tahun yang lalu dia berhenti menjadi bajak laut dan mulai membuka usaha bar.

Shakky sendiri mengatakan bahwa dulunya dia pernah dikejar oleh Garp.
Nah, jika kita melihat rentang waktunya, ada kemungkinan Shakky mempunyai keterkaitan dengan Rocks.

Berdasarkan info dari Eiichiro Oda di Jump Festa 2018, seorang "lurking legend" (karakter legenda yang selama ini masih bersembunyi) akan muncul di Wano, dan akan menjadi musuh terbesar Strawhat Pirates.

Karakter ini juga kemungkinan berhubungan dengan Shirohige.
Mungkinkah lurking legend ini ada hubungannya dengan Rocks? Bisa jadi....

Sedikit tambahan dari Novel A Volume 2, yang menurut kami statusnya "semi canon mengarah kepada canon".

Shirohige dan Linlin berada dalam generasi yang sama, sedangkan Shanks dan Kaido berada dalam generasi yang lebih muda.

Disini ada kontradiksi. Shanks saja baru lahir 39 tahun yang lalu, dengan kata lain setelah insiden Rocks terjadi.

Sementara lebih dari 40 tahun yang lalu Kaido sudah eksis berdasarkan perbincangan di ch 907.
Benarkah mereka bisa disebut satu generasi?

Asumsi Shanks mulai jadi bajak laut di usia belasan sebagai apprentice di Roger Pirates (sekitar 20 tahunan yang lalu), maka ada gap waktu yang cukup jauh antara Kaido dan Shanks.

FYI, Shanks mulai membentuk Red Hair Pirates setelah Roger dieksekusi.

Ini hanya sekedar tambahan info saja. Dan kurasa info/fakta yang ada di manga lebih akurat dibanding novel.

imo + cmiiw.


Artikel by KOPI


TopiJeramiBDG hanya menyebarluarkan informasi. :)

Comments

Popular posts from this blog

Faq Peta Dunia One Piece

FAQ Lokasi Peta Dunia One Piece Q : Gimana sih bentuk planet dunia OP? A : Planet di dunia OP adalah planet yang sama sekali berbeda dengan planet bumi yg kita tinggali ini. Secara garis besar planet OP terdiri dari 1 benua dan 1 lautan yang mengeliingii dunia yaitu : Red Line dan Grand Line. Posisi Red Line dan Grand Line saling tegak lurus sehingga bertemu di dua titik yaitu Reverse Mountain dan Mariejoa. Akibat petemuan 2 titik itu, lautan di planet OP terbagi lagi menjadi empat yaitu East Blue, South Blue, North Blue dan West Blue. Q : Jelasin tentang  Red Line  dong! A : Red line adalah sebuah benua raksasa yang mengelilingi dunia OP. Saking raksasanya, ukuran Red Line jauh melebihi pulau2 lain di planet OP. Sejauh ini ada 3 tempat yg sudah dikenal di Red Line yaitu Reverse Mountain, Mariejoa dan Merman Island. Reverse Mountain  Adalah sebuah gunung raksasa yang puncaknya tak terlihat saking tingginya. Di sini terdapat empat buah arus kanal

PENJELASAN GOMU GOMU NO RED HAWK YANG MENGELUARKAN API

Gomu Gomu no Red Hawk Gomu gomu no Red Hawk Red Hawk pertama kali diperlihatkan Luffy di manga ketika melawan Hody. Bisa dibilang merupakan versi penambahan haki dari jurus Gomu gomu no Jet Bullet. Ketika masuk dalam mode Gear Second, Luffy memanjangkan kemudian mengeraskan lengannya dengan buso haki. Ketika dikokang (lengan bergerak maju), lengannya terbakar, menghasilkan aliran api. Ketika serangan mengenai target, akan tercipta ledakan yang besar, walaupun di bawah laut sekalipun. Di dunia nyata, Redhawk merupakan jenis revolver yang dibuat oleh Ruger (perusahaan pembuat senjata api).  Kanji dalam penamaan jurus ini (dibaca harfiah menjadi "hikenjuu") bisa jadi merupakan tribute untuk mendiang Portgas D Ace. Gomu Gomu no Red Hawk Di animenya bahkan muncul bayangan Ace ketika Luffy menggunakannya pertama kali, haha. cmiiw Ya. Itu dia penjelasan mengenai mengapa gomu gomu no red hawk milik luffy yang bisa mengeluarkan api. xD Mant

Spoiler Manga One piece Ch.848

Judul: Selamat Tinggal / Good Bye Cover Bewarna: SHP dengan Mantel Merah di hutan bersalju Big Mom tidak marah dengan kata-kata Luffy. Dia bilang dia akan membiarkan apa pun karena dia akan mendapatkan kekuatan Germa dan kotak harta karun (Tamatebako) besok. Kamar Sanji Sanji terpincut dengan Purin. Di sisi lain, dia khawatir tentang Baratie. Kamar Purin Big Mom menolak gaun yg ingin dipakai Purin. Purin diberitahu untuk memakai gaun yg Big Mom siapkan. Purin berdiri di balkon dibawah hujan. Dia terbayang Lola, yang lari dari rumah dan mengatakan ia akan memutuskan pernikahannya sendiri. Istana Whole Cake Pedro terus mengamuk dengan pedang dan bomnya. Smoothy terus berkomunikasi dengan Tamago, yang mengejar Pedro. Brook masuk ke ruang harta dan menguncinya dari dalam. Tamago bicara kepada Smoothy melalui Den Den Mushi untuk tidak membunuh Brook karena Big Mom ingin makhluk langka seperti dia. Ruang Harta tentara catur menyerang Brook, tapi ia men