Skip to main content

PENYAMARAN TIM ZORO DI WANOKUNI

Zoro Wanokuni

Serba-serbi Penyamaran Tim Wano

Butuh 87 chapter agar kita melihat kembali Zoro dkk di cerita (kemunculan di cover page tidak dihitung). Terakhir kita melihat mereka ketika tim Luffy turun dari Zunisha, chapter 822. Di dunia nyata, ch 822 rilis legal pada tanggal 11 April 2016. Berarti, sudah sekitar 2 tahun 2 bulan pembaca tidak melihat mereka.

Chapter 909 sebagai chapter pembuka arc Wano, langsung menggebrak kerinduan pembaca. Empat kru Strawhat Pirates diperlihatkan sedang menyamar di Wano.

Penyamaran ini dilakukan atas saran Kinemon, agar mereka untuk sementara "berdiam diri" di Wano, menunggu persiapan yang dilakukan Kinemon dan yang lain.

Berdiam diri disini dengan cara berasimilasi dengan penduduk Wano. Karena itulah, mereka menyamar sesuai kepribadian / keahlian masing-masing.

Berikut ini beberapa serba-serbi Penyamaran Zoro dkk :

1. Franky alias Franosuke menjadi tukang kayu, tepatnya menjadi bawahannya Minatomo-san. Rambutnya kembali unik, bentuknya seperti palu.

Minatomo memuji Franky atas pekerjaannya dalam membuat dinding.

Lucunya, perkataan balasan Franky bernada mengejek Minatomo, lol. Mungkin ini karena pengaruh kebiasaan Franky di Water 7 dulu.

2. Penyamaran yang pas untuk Franky, karena posisi dia di kapal adalah Shipwright (Tukang Kapal). Pekerjaan membuat bangunan sebenarnya hal yang sepele bagi si jenius Franky, tapi dia terpaksa melakukannya demi misi.

Franky pun berpakaian layaknya tukang kayu.

3. Minatomo-san awalnya merupakan karakter joke yang hanya di-mention Oda di SBS. Keterangan tentangnya ada di SBS Vol 7, dimana dia merupakan carpenter (tukang kayu) yang rajin membetulkan pintu yang rusak / tidak diperbaiki.

Contohnya di chapter 1, dimana Higuma menendang satu bagian pintu bar. Ketika para bandit keluar dari bar, pintu tersebut sudah terpasang kembali. Lol.

4. Kemunculan Minatomo di ch 909 menjadikannya sekarang bukan sebagai char joke lagi. Hebat juga bapak yang satu ini. Dua belas tahun yang lalu ada di East Blue, sekarang di New World.

5. Usopp alias Usohachi menjadi "salesman minyak katak", yang konon bisa menyembuhkan dengan cepat luka sabetan benda tajam.

Usopp memakai pakaian ala samurai, bahkan terlihat ada dua pedang di pinggangnya.
Ada tambahan kumis dan jenggot di wajahnya, mengingatkan kita akan penyamaran "Tim Penghancur Pabrik" di Dressrosa.

6. Usopp mendemonstrasikan lapaknya dengan memotong kertas hingga menjadi bagian yang kecil. Jatuhnya kertas itu bagaikan salju turun dari langit.

Setelah itu, dengan sedikit sentuhan pedangnya, lengannya mengeluarkan darah. Tapi berkat obat katak, luka tersebut langsung hilang. Ajaib!

Adanya katak di atas kepala Usopp kurasa agar penonton makin percaya itu minyak yang berasal dari katak asli.

7. Apakah Usopp jujur dalam membuka lapaknya? Atau itu hanya sekedar trik?
Kami mendapat referensi dari diskusi di apf, bahwa Usopp sedang menjadi "Gama Abura Uri no Koujou" (Toad Oil Salesman's Speech). Ini semacam pertunjukan jalanan tradisional dimana sang pemain sedang menjadi salesman minyak katak yang khasiatnya bisa menghentikan pendarahan akibat sabetan/goresan. Ada variasi dari pengolesan minyaknya, yaitu dioleskan ke tangan atau ke pedang.

Dalam kasus Usopp, minyak dioleskan ke tangannya. Kami juga menemukan video tentang pertunjukan ini di youtube:
https://youtu.be/_sKFq-Y5Kx0

8. Usopp mempunyai kelebihan dalam hal berbohong, membuat benda, dan berdagang. Di Skypiea, dia pernah membuka lapak barter dengan penduduk langit. Usopp menukarkan karet gelang dengan Dial. Jenius!

Skill berbicaranya sebenarnya mumpuni jika dia dalam mode serius.

9. Robin alias O-Robi menjadi geisha.
Geisha (bukan Momo Geisha) merupakan wanita Jepang yang mempelajari seni, tarian, dan nyanyian tradisional.

Penampilan khasnya adalah memakai kimono, makeup, dan rambutnya bergaya shimada, yang merupakan gaya rambut khas Jepang.

Well, Robin tetap terlihat elegan dan cantik meskipun kali ini bergaya Geisha.

10. Robin sedang berlatih menari, diiringi dengan alunan musik shamisen, yang dimainkan oleh gurunya.

Shamisen merupakan alat musik tradisional Jepang, yang khas dimainkan oleh geisha. Sepertinya terget Robin adalah agar dia bisa dipanggil di ruang tamu Shogun, untuk keperluan penyelidikan. Apalagi Robin memang cocok menjadi mata-mata.

11. Di Punk Hazard, Kinemon memanggil Robin sebagai "Oiran" (wanita penghibur) disaat Robin mengeluarkan kemampuan buah iblisnya. Well, sekilas dalam hal penampilan dan skill, Oiran memang mirip dengan Geisha. Akan tetapi Oiran lebih bersifat negatif. Dalam perkembangan zaman, Oiran tergerus dengan adanya Geisha.

12. Dalam material non canon, tepatnya Di Movie Z, Robin pernah menari di bar, dalam rangka penyamaran.

13. Zoro alias Zorojuro menjadi Ronin.
Ronin merupakan seorang Samurai yang sudah tidak mempunyai majikan.

Entah bagaimana penyamarannya, tiba-tiba di chapter 909 dia sudah ditangkap dengan tuduhan pelaku pembunuhan. Dakwaan dia bertambah dengan adanya Shushui.

14. Yang menarik bagi kami adalah gaya rambut Zoro, yang kini ada topknot-nya. Chonmage merupakan gaya rambut topknot khas di Jepang pada zaman Edo, dan biasanya dipakai oleh para samurai agar helm yang dipakainya tetap stabil berada di atas kepala.

15. Sebagai Ronin, untung saja Zoro tidak nyasar, lol.

16. Keempatnya mempunyai nama samaran masing-masing. Menariknya, Momonosuke pernah mengadakan "permainan Shogun" di Thousand Sunny (ch 705). Chopper menjadi Choppaemon, anak buah Shogun yang bertugas mencicipi racun. Nami menjadi O-Nami (pelayan wanita). Dan Brook menjadi Honekichi (Pemeriah Suasana). Mungkinkah ini akan menjadi nama samaran ketiganya di Wano nanti? 😂 .

Dalam tradisional Jepang, merupakan hal yang biasa menambahkan "O"' sebagai awalan nama wanita.

17. Dimana Law dan Heart Pirates yang lain ?
Sabar. Nanti mereka juga akan muncul di cerita. FYI, Heart Pirates tergabung dalam tim Wano. Kemungkinan Law dkk sedang menyamar di tempat lain, atau menjalankan misi tertentu, atau mengikuti Kinemon untuk mempersiapkan perang.

imo + cmiiw


Artikel ini diambil dari Fans Page Kopi.
Source: https://www.facebook.com/KOPIPIRATES/
Image: https://www.deviantart.com/amanomoon

Thanks to Elex Media, wikipedia, Franzlome (apf)

#franky #usopp #nicorobin #roronoazoro #wano

Comments

Popular posts from this blog

Faq Peta Dunia One Piece

FAQ Lokasi Peta Dunia One Piece Q : Gimana sih bentuk planet dunia OP? A : Planet di dunia OP adalah planet yang sama sekali berbeda dengan planet bumi yg kita tinggali ini. Secara garis besar planet OP terdiri dari 1 benua dan 1 lautan yang mengeliingii dunia yaitu : Red Line dan Grand Line. Posisi Red Line dan Grand Line saling tegak lurus sehingga bertemu di dua titik yaitu Reverse Mountain dan Mariejoa. Akibat petemuan 2 titik itu, lautan di planet OP terbagi lagi menjadi empat yaitu East Blue, South Blue, North Blue dan West Blue. Q : Jelasin tentang  Red Line  dong! A : Red line adalah sebuah benua raksasa yang mengelilingi dunia OP. Saking raksasanya, ukuran Red Line jauh melebihi pulau2 lain di planet OP. Sejauh ini ada 3 tempat yg sudah dikenal di Red Line yaitu Reverse Mountain, Mariejoa dan Merman Island. Reverse Mountain  Adalah sebuah gunung raksasa yang puncaknya tak terlihat saking tingginya. Di sini terdapat empat buah arus kanal

PENJELASAN GOMU GOMU NO RED HAWK YANG MENGELUARKAN API

Gomu Gomu no Red Hawk Gomu gomu no Red Hawk Red Hawk pertama kali diperlihatkan Luffy di manga ketika melawan Hody. Bisa dibilang merupakan versi penambahan haki dari jurus Gomu gomu no Jet Bullet. Ketika masuk dalam mode Gear Second, Luffy memanjangkan kemudian mengeraskan lengannya dengan buso haki. Ketika dikokang (lengan bergerak maju), lengannya terbakar, menghasilkan aliran api. Ketika serangan mengenai target, akan tercipta ledakan yang besar, walaupun di bawah laut sekalipun. Di dunia nyata, Redhawk merupakan jenis revolver yang dibuat oleh Ruger (perusahaan pembuat senjata api).  Kanji dalam penamaan jurus ini (dibaca harfiah menjadi "hikenjuu") bisa jadi merupakan tribute untuk mendiang Portgas D Ace. Gomu Gomu no Red Hawk Di animenya bahkan muncul bayangan Ace ketika Luffy menggunakannya pertama kali, haha. cmiiw Ya. Itu dia penjelasan mengenai mengapa gomu gomu no red hawk milik luffy yang bisa mengeluarkan api. xD Mant

Spoiler Manga One piece Ch.848

Judul: Selamat Tinggal / Good Bye Cover Bewarna: SHP dengan Mantel Merah di hutan bersalju Big Mom tidak marah dengan kata-kata Luffy. Dia bilang dia akan membiarkan apa pun karena dia akan mendapatkan kekuatan Germa dan kotak harta karun (Tamatebako) besok. Kamar Sanji Sanji terpincut dengan Purin. Di sisi lain, dia khawatir tentang Baratie. Kamar Purin Big Mom menolak gaun yg ingin dipakai Purin. Purin diberitahu untuk memakai gaun yg Big Mom siapkan. Purin berdiri di balkon dibawah hujan. Dia terbayang Lola, yang lari dari rumah dan mengatakan ia akan memutuskan pernikahannya sendiri. Istana Whole Cake Pedro terus mengamuk dengan pedang dan bomnya. Smoothy terus berkomunikasi dengan Tamago, yang mengejar Pedro. Brook masuk ke ruang harta dan menguncinya dari dalam. Tamago bicara kepada Smoothy melalui Den Den Mushi untuk tidak membunuh Brook karena Big Mom ingin makhluk langka seperti dia. Ruang Harta tentara catur menyerang Brook, tapi ia men